Saturday, December 29, 2018

PELANTIKAN ANGGOTA DPRD PENGGANTI ANTAR WAKTU KOTA SUKABUMI


Sukabumi (suararakyatmerdeka.com) - Pelantikan Anggota DPRD Kota Sukabumi Pengganti Antar Waktu (PAW) yang dihadiri Wali kota Sukabumi Fahmi dan Wakil Wali kota Sukabumi Andrishamami yang bertempat di Ruang Paripurna DPRD Kota Sukabumi, jumat (14/12/2018).

Fahmi dalam sampaiannya mengucapkan,
 " selamat kepada Nihayah Zulfa dan Hapid Haris Rusyandi yang baru saja dilantik melalui mekanisme PAW semoga semakin menguatkan lembaga DPRD yang terhormat ini dan bisa bersinergis dengan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi," Tuturnya.

Yunus Suhandi Ketua DPRD Kota Sukabumi menyampaikan pula," Pelantikan kedua PAW tersebut berdasarkan SK Gubernur yang beberapa waktu lalu sudah turun. Sebagai kewajiban, pihaknya harus menggelar rapat paripurna dan pelantikan. Pertimbangan lainnya  DPRD juga mengacu pada hasil keputusan KPU yang sudah menjalankan berbagai mekanisme tentang pelantikan PAW," sebutnya.

Sementara itu Wali Kota Sukabumi menyampaikan selamat kepada Nihayah Zulfa dan Hapid Haris Rusyandi yang baru saja dilantik melalui mekanisme PAW semoga semakin menguatkan lembaga DPRD yang terhormat ini dan bisa bersinergis dengan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi. Ungkapnya .

Ada dua mekanisme atau jalan untuk menduduki jabatan legislatif. Pertama, Anggota DPRD dapat terpilih setelah diajukan oleh calon partai politik yang mengusungnya. Kemudian mengikuti pemilihan umum secara langsung sebagai calon terpilih untuk menjalani jabatan DPRD selama masa periode lima tahun. Atau juga dapat terpilih melalui Penggantian Antar Waktu, jika wakil yang telah terpilih dari hasil pemilihan umum sebelumnya diberhentikan atas usul partai politik, kemudian digantikan oleh calon anggota DPRD kabupaten/kota yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.(khoer)
Load disqus comments

0 comments